Pages

Friday, October 19, 2018

Berapa Uang yang Harus Kamu Tabung Tiap Bulan?

Liputan6.com, Jakarta - Semua orang tentu ingin meraih kemandirian finansial. Mandiri secara finansial artinya Anda memiliki uang yang cukup untuk melakukan apapun yang perlu dilakukan tanpa harus khawatir mengenai kondisi keuangan Anda.

Untuk mencapai kebebasan tersebut, salah satu yang harus Anda lakukan adalah menabung. Menyisihkan sebagian uang untuk ditabung terkadang terasa menyulitkan. Namun, terlalu kaku dalam menabung juga bisa menjadi boomerang sendiri bagi Anda. 

Anda juga perlu memberikan kelonggaran untuk diri sendiri di saat menabung. Anda juga tidak perlu menghentikan setiap hal yang disukai demi menabung. Intinya, Anda tidak terlalu mengekang diri. Malahan, Anda sebenarnya bisa menabung untuk masa depan sambil bersenang-senang.

Ya, ini bukan sesuatu yang tidak mungkin untuk dilakukan. Namun, tetap ada beberapa aturan yang perlu Anda ikuti di kala menabung. Pertama, jumlah tabungan Anda tidak perlu spesifik. Tentukan berapa persen dari penghasilan yang ingin Anda sisihkan.

Persentase ini akan lebih memudahkan Anda di saat penghasilan Anda berkurang atau bertambah dibandingkan menentukan jumlah uang secara spesifik. Kedua, Anda tidak perlu meningkatkan jumlah pengeluaran agar sesuai dengan penghasilan.

Sebaliknya, Anda bisa meningkatkan persentase uang yang akan ditabung saat Anda memiliki uang ekstra. Berinvestasi pada barang-barang berharga juga menjadi salah satu cara yang menarik agar tabungan Anda berkembang. Misalnya dengan mengoleksi berlian, emas, atau apapun yang tetap memiliki nilai terlepas dari inflasi.

Lalu berapa jumlah ideal yang seharusnya Anda sisihkan untuk tabungan masa depan? Hal ini tergantung pada tahap hidup mana Anda sedang berada. Apakah Anda baru memulai karier? Apakah Anda berencana untuk mengajukan pensiun dalam waktu dekat? Dilansir dari Lifehack, berikut tips menabung berdasarkan tahap hidup Anda.

Let's block ads! (Why?)

via Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2AjGtE9
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.liputan6.com%2Frss&max=3, then Send me an email


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT

No comments:

Post a Comment