Pages

Monday, September 10, 2018

Hanya 10 Menit Aktivitas di Luar Bantu Anak Tetap Sehat

Jakarta: Olahraga memang banyak memberikan manfaat bagi anak-anak, mulai dari menghilangkan stres hingga pencegahan penyakit.

Baru-baru ini, sebuah penelitian menemukan bahwa aktivitas pendek juga baik untuk anak-anak dan kita tentunya. Dan ternyata hanya 10 menit aktivitas intens sudah cukup untuk membantu anak-anak tetap sehat. 

10 menit berkeringat mencegah anak-anak dan remaja dari mengembangkan masalah jantung dan diabetes.

Tentu, menurut American Academy of Pediatrics, itu ideal untuk anak-anak 6 tahun dan lebih tua untuk mendapatkan 60 menit aktivitas fisik setiap hari. Tapi 10, 20, atau 30 menit lebih baik daripada tidak sama sekali, bukan?

Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Medicine & Science di Sports & Exercise, para peneliti mengamati 11.600 anak-anak berusia antara 4 hingga 18 tahun.

Mereka menemukan bahwa sesi-sesi kecil dari aktivitas intensif memberi manfaat kepada anak-anak yang memiliki pinggang yang relatif besar dan tingkat insulin yang lebih tinggi dalam darah mereka, menurut Health Day.


(Sesi-sesi kecil dari aktivitas intensif memberi manfaat kepada anak-anak yang memiliki pinggang yang relatif besar dan tingkat insulin yang lebih tinggi dalam darah mereka, menurut Health Day. Foto: Avel Chuklanov/Unsplash.com)

(Baca juga: Berenang, Olahraga Tepat Untuk Anak Obesitas)

"Hasilnya menunjukkan bahwa mengganti jumlah aktivitas fisik ringan yang cukup untuk olahraga ringan dengan durasi yang lebih lama mungkin memiliki manfaat kardiometabolik dan menghindari duduk terus-menerus," jelas pemimpin penelitian, Justin Moore.

Moore menambahkan, Jika penelitian semacam itu memberikan hasil yang kuat, dosis aktivitas fisik yang relatif singkat tetapi intens--mungkin hanya 10 menit sehari-- yang tentu saja bisa dilakukan oleh kebanyakan anak muda, dapat menjadi bagian dari 'resep' untuk anak-anak. Kegiatan itu untuk mencapai atau mempertahankan kesehatan jantung dan metabolisme.

10 aktivitas tentu dapat dicapai oleh setiap anggota keluarga, bahkan pada hari hujan. Mainkan permainan Simon Says yang kuat, penuh dengan gerakan, seperti melompat-lompat dan berlari di tempat. Siapkan rintangan kecil untuk anak-anak.

Sebaiknya, keluarlah untuk berjalan 10 menit, bermain, atau naik sepeda sebentar sebelum waktu mandi. Cuaca cerah seperti saat ini adalah saat yang tepat untuk berlari atau pergi ke taman. 

(TIN)

Let's block ads! (Why?)

via METROTVnews.com https://ift.tt/2CDS8AO
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=http%3A%2F%2Fwww.metrotvnews.com%2Ffeed%2F&max=3, then Send me an


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT

No comments:

Post a Comment