Pages

Sunday, September 9, 2018

ASUS ZenFone Live L1 3GB, Tambahan RAM yang Berpengaruh

Jakarta: Di segmen terjangkau, ASUS memiliki ZenFone Live L1 yang dibanderol harga Rp1 juta. Sebelumnya, Medcom.id telah mengulas ZenFone Live L1 dengan RAM 2GB. Kini ASUS merilis varian lainnya yakni RAM 3GB dengan memori 32GB.

Pertanyaannya adalah apakah peningkatan tersebut cukup berpengaruh terhadap pengalaman pemakaian ASUS ZenFone Live L1? Medcom.id penasaran mengetahui perbedaan yang diperoleh dari peningkatan RAM serta memori internalnya yang kini dijual dengan harga Rp1.699.000.

 

Desain

Sesuai prediksi, peningkatan RAM dan memori memang tidak akan berbeda dari ZenFone Live L1 2GB/16GB yang pernah diulas Medcom.id. Bodinya cukup tebal, tapi masih nyaman digenggaman tangan dengan berbahan plastik.

Tepian bodinya didesain membulat. Smartphone ini masih hadir dengan ketebalan 8,15mm dan bobot hanya 140 gram. Layarnya yang hadir dengan ukuran 5,5 inci sudah mengusung desain aspek rasio 18:9, sambil menawarkan resolusi HD+ (1440x720) di panel IPS.

Sementara tombol kapasitif di pindah ke atas layar atau menyatu dengan UI, bisa muncul saat jari menyentuhkan layar atau dikunci agar selalu tampil di layar. Di sisi kanannya terdapat tombol pangaturan volume yang disusul tombol daya persis di bawahnya. Untuk sisi kiri terdapat slot kartu SIM dan microSD.

Bagian belakangnya biasa saja, dengan lensa kamera yang menonjol sehingga disarankan penggunanya tetap memberikan aksesoris casing tambahan selain untuk melindungi juga mempercantik tampilannya.

 

Software dan Antarmuka

Medcom.id juga tidak menemukan perbedaan dari ZenFone Live L1 varian 3GB/32GB dengan 2GB/16GB. ASUS sudah membenamkan Android 8.0 Oreo dengan masih sedikit terasa tampilan antarmuka ala ZenUI milik ASUS.

Perbedaan paling jelas adalah di versi 2GB/16GB perpindahan antar aplikasiya terasa sangat berat. Di versi 3GB/32GB kini jauh lebih ringan.

Di dalamnya, kami juga masih menemukan fitur Power Master di dalam aplikasi ASUS Mobile Manager yang berisi kustomisasi untuk membuat baterai smartphone lebih hemat. Terpantau juga bahwa sisa RAM yang disediakan oleh ASUS ZenFone Live L1 3GB/32GB saat baru menyala jauh lebih besar.

Untuk mendukung pengalaman gaming, varian ini juga masih memiliki fitur Game Genie dari ASUS. Game Genie berisi beberapa fitur seperti mengunci aplikasi game sebagai aplikasi utama dan meniadakan notifikasi komunikasi telepon atau media sosial yang akan mengganggu permainan.

 

Performa dan Baterai

ASUS ZenFone Live L1 3GB/32GB memang memiliki peningkatan kapasitas RAM dan memori internal, tapi dapur pacunya tidak berbeda dari varian 2GB/16GB berbasis Qualcomm Snapdragon 425.

Sama seperti varian 2GB/16GB, smartphone ini tidak mendukung pengujian kualitas grafis yang lebih komplek dari 3DMark Slingshot Extreme dan sebatas bisa menjalankan 3DMark Slinghot. Artinya, smartphone ini memang tidak akan mendukung grafis dengan tingkat tinggi seperti pada game.

Namun, dari pengujian PCMark Work 2.0, memang skornya ini lebih tinggi, sehingga mendukung kegiatan multitasking yang mulus. Hal ini sangat terasa, perpindahan antarmuka atau aplikasi terasa ringan dan smartphone tidak lagi terasa cepat panas saat membuka beberapa aplikasi, termasuk saat bermain game.

Pada game PUBG Mobile, ASUS ZenFone Live L1 3GB/32GB langsung dibaca oleh game lebih optimal berjalan di tingkat kualitas grafis rendah atau low. Hal ini dimaklumi mengingat smartphone ini masuk ke entry level, tapi beruntung dibekali RAM 3GB sehingga masih bisa bermain game dengan lancar.

Untuk kualitas baterainya ASUS ZenFone Live L1 3GB/32GB mampu bertahan lebih lama hingga di atas sembilan jam sementara di varian yang lebih rendah hanya bertahan hampir sembilan jam saja dengan kapasitas baterai yang sama 3.000 mAh.

 

Kamera

Medcom.id merasa fitur kamera baik dari spesifikasi dan kualitas sama di ASUS ZenFone Live L1 3GB/32GB dengan varian sebelumnya. smartphone ini, yaitu kamera depan 5MP aperture f/2.4 dan kamera belakang 13MP aperture f/2.0.

Baik kamera belakang dan kamera depannya sangat bisa diandalkan untuk sebah smartphone entry level. Dalam kondisi terang atau cukup cahaya maka kamera depan dan belakangnya bisa menghasilkan foto yang fokus dan cukup tajam.

Namun, dalam kondisi di dalam ruangan serta genggaman yang tidak mantap, hasil fotonya agak berbayang atau tidak fokus. Sejauh ini Medcom.id sepakat bahwa kualitas kamera smartphone ini masih sama seperti varian ASUS ZenFone Live L1 2GB/16GB.

Hal ini juga dijumpai pada fitur ASUS PixelMaster yang menyediakan beberapa mode pengambilan foto yang sama. Meskipun demikian kualitas kamera ASUS ZenFone Live L1 3GB/32GB masih cukup bagus untuk smartphone entry level.

Kesimpulan
ASUS ZenFone Live L1 3GB/32GB memang hanya membawa peningkatan dari sisi kapasitas RAM dan memori internal saja. Aspek lain smartphone ini masih sama dengan varian yang lebih rendah.

 Medcom.id menangkap hal ini membawa pengalaman yang cukup berbeda. Antarmuka terasa lebih ringan termasuk saat berganti aplikasi dan memainkan game di kualitas grafis rendah.

Smartphone ini juga menjadi tidak cepat panas dan baterainya yang kapasitasnya masih sama. Ponsel ini menyediakan daya tahan yang lebih lama dari pada varian sebelumnya yang lebih rendah.

Masih sama seperti varian sebelumnya, ASUS ZenFone Live L1 3GB/32GB masih menjadi smartphone entry level yang bisa diandalkan dan lumayan berkat peningkatan kapasitas RAM dan memori internal.

 

Spesifikasi  ASUS ZenFone Live L1 3GB/32GB
Prosesor Qualcomm Snapdragon 425
RAM 3GB
OS Android 8.0 Oreo
Memori Internal 32GB
Kamera 13MP (belakang), 5MP (depan)
Baterai 3.000 mAh
Layar 5,5 inci 1440x720 piksel
Harga Rp1.699.000
 

ASUS ZenFone Live L1 (3/32)

Plus

  • Layar lega
  • Dual SIM bukan model hybrid
  • Performa semakin baik
  • Daya tahan baterai semakin panjang

Minus

  • Desain tidak menarik
  • Tidak ada pemindai sidik jari

 

(MMI)

Let's block ads! (Why?)

via METROTVnews.com https://ift.tt/2Mfnmhh
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=http%3A%2F%2Fwww.metrotvnews.com%2Ffeed%2F&max=3, then Send me an


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT

No comments:

Post a Comment