Pages

Friday, October 19, 2018

Berani Tak Cuci Tangan Satu Hari? 5 Efek Buruk Berikut Incar Kesehatan Anda

Liputan6.com, Jakarta - Seberapa sering Anda mencuci tangan dalam sehari? Meski Anda adalah tipikal orang yang sangat rajin, namun ilmuwan mengatakan bahwa ada masanya seseorang akan lupa untuk membasuh tangannya, entah itu usai bersin atau setelah kencing.

Meski mencuci tangan adalah kegiatan kecil yang tampak sepele, namun ahli menegaskan bahwa tangan adalah tempat bersarangnya kuman.

Sebab anggota tubuh ini kerap berinteraksi langsung dengan berbagai hal, sehingga menempatkan bakteri jahat yang bisa mengganggu kesehatan.

Kuman ada di mana-mana dan tersebar di seluruh titik terkecil di dunia.

Organisme ini dikenal karena memiliki kemampuan untuk mendatangkan segala macam penyakit dan infeksi melalui sejumlah interaksi, seperti bersalaman, memegang ponsel, menyentuh tombol penyiram toilet, dan sebagainya.

Beruntung, sistem imun manusia dewasa sudah sempurna, sehingga mampu menangani sebagian besar masalah yang disebabkan oleh kuman. Namun beberapa hewan mikroskopis itu bisa menembus pertahanan kita, terutama selama musim dingin dan hujan.

"Ketika Anda bersentuhan dengan orang lain atau memegang permukaan sebuah benda, Anda sudah menumpuk ribuan bahkan jutaan kuman di tangan Anda. Pada akhirnya, Anda dapat menginfeksi diri sendiri dengan kuman ini, seperti misal mengucek mata, hidung, atau mulut. Mencuci tangan adalah satu-satunya cara efektif yang bisa membantu untuk membatasi penyebaran bakteri, virus dan mikroba lainnya," kata Mayo Clinic, seperti dikutip dari Bustle, Jumat (19/10/2018).

Selain itu, rutinlah untuk memotong kuku, sebab kuku panjang bisa menjadi tempat yang nyaman untuk kuman bersembunyi.

Menurut ahli kecantikan di majalah Women's Health, Shannon Farrell, di bawah kuku yang panjang umumnya terdapat minyak, kotoran, dan residu riasan.

"Inilah yang menyebabkan kuku menjadi kuning dan ada bagian yang kecoklatan di antara daging," ucapnya.

Lalu, apa yang terjadi pada tubuh kita jika tidak membasuh tangan dengan sabun dalam satu hari? Berikut 5 di antaranya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Rombongan tentara Nepal tiba di lokasi sekitar pukul 18.00. Mereka juga menggali puing-puing dengan tangan dan alat seadanya. Tapi, hasilnya nihil. Para serdadu akhirnya berlalu setelah 3 jam. Ayah sang bayi, Sham mulai kehilangan harapan. Hingga kem...

Let's block ads! (Why?)

via Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2yrjCVR
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.liputan6.com%2Frss&max=3, then Send me an email


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT

No comments:

Post a Comment