Pages

Sunday, September 9, 2018

Menkum HAM: Pendaftaran Tagar 2019 Prabowo Presiden Langgar Undang-undang

Pendukung bakal calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno mendeklarasikan tanda pagar (Tagar) #2019PrabowoPresiden di Bandarlampung. Munculnya tagar ini dinilai dapat menjadi pengganti tagar 2019 Ganti Presiden.

"Gerakan #2019GantiPresiden bersifat multitafsir, meskipun sah menurut konstitusi sebagai bentuk penyaluran aspirasi dan kebebasan berpendapat. Dengan mengganti menjadi #2019PrabowoPresiden atau #2019DukungPrabowo, selain lebih elegan, juga tidak lagi multitafsir," ujar Dekan FISIP Universitas Mathla'ul Anwar Banten, Said Ariyan, Minggu (9/9/2018).

Menurut Said, potensi terjadinya gesekan di tingkat akar rumput sangat besar jika gerakan #2019GantiPresiden terus digulirkan. 

Perselisihan yang terjadi di antara kubu pendukung kedua pasangan bakal capres-cawapres tidak lagi berlangsung sebatas adu argumen. Melainkan, sudah menjurus ke tindakan yang berpotensi melanggar hukum.

Said Ariyan mengamini pendapat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang menyebut gerakan #2019GantiPresiden harus diperjelas konteksnya. Yakni, apa sebenarnya yang ingin diganti. Said mengatakan, realitas saat ini hanya ada dua paslon capres-cawapres yang akan berkompetisi dalam hajatan Pilpres 2019.

Untuk menjaga persatuan di tengah masyarakat yang cenderung semakin memanas menjelang Pilpres, Said mengusulkan agar semua pihak menahan diri dengan tidak melakukan kegiatan yang dapat memancing emosi.

"Apalagi kalau kegiatan itu sampai ditunggangi kelompok tertentu untuk menggulirkan wacana makar, maka hal ini sudah jelas melanggar hukum dan harus dihentikan," ujar Said.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Aksi terbang Presiden Jokowi menggunakan motor gede di acara pembukaan Asian Games 2018 memukau masyarakat Indonesia. Ternyata ada pemeran pengganti yang memainkan aksi tersebut. Siapa dia?

Let's block ads! (Why?)

via Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2wYyWHW
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.liputan6.com%2Frss&max=3, then Send me an email


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT

No comments:

Post a Comment