Pages

Tuesday, September 11, 2018

3 Karya Sastra Klasik yang Berkisah tentang Ekonomi

Terbit: Maret 1885

Novel yang paling berat di daftar ini, namun ini juga yang paling menyenangkan dibaca. Germinal berlatar lokasi di Prancis dan mengisahkan pemuda bernama Etienne yang datang ke sebuah masyarakat pekerja tambang.

Kondisi kerja yang tidak layak dan berbahaya menggugah kesadaran pemuda itu. Dia memimpin semacam gerakan terhadap keluarga orang kaya yang mengelola tambang untuk memperjuangkan kehidupan yang lebih baik. Semangatnya yang panas dan menggebu berhasil menarik para penambang yang ia bela ke sebuah tragedi.

Novel ini tidak sekadar membahas kaya vs. miskin. Sang penulis, Emile Zola, melukiskan kisahnya dengan disiplin dan menarik. Ia menampilkan isu serta bias ekonomi dari si kaya dan si miskin tanpa jejak sentimentalitas.

Ada kalanya pembaca dibuat miris dengan kondisi si miskin, dan kemudian kasihan dengan kondisi si kaya yang ternyata hidupnya terkekang oleh statusnya. Pembaca juga diajak berpikir ulang mengenai reformasi tragis yang terjadi dalam novel, meskipun gerakan itu sebetulnya berniat baik.

Meskipun novel ini tebal, tetapi konflik dan klimaks berhasil dijalin dengan sangat menarik. Tidak ada kesadisan yang tidak perlu, konflik pun berjalan alami tanpa meledek pemahaman para pembaca.

Let's block ads! (Why?)

via Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2Ms3zLO
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.liputan6.com%2Frss&max=3, then Send me an email


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT

No comments:

Post a Comment