Pages

Tuesday, September 11, 2018

15 Gubernur Ini Tegaskan Dukung Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019

Selain gubernur yang sudah memastikan dukungan, ada pula gubernur yang punya potensi untuk mendukung Jokowi-Ma'ruf, namun belum menyatakan secara lisan. Berikut gubernur yang umumnya didukung partai koalisi Jokowi-Ma'ruf, namun belum menegaskan dukungan.

A. Riau

Pilgub Riau pada 27 Juni 2018 dimenangkan pasangan Syamsuar-Edy Nasution. Pasangan ini tinggal menunggu waktu pelantikan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

Pasangan Syamsuar-Edy Nasution diusung PAN, PKS, dan Nasdem. Gubernur terpilih Syamsuar merupakan Ketua DPD Golkar Kabupaten Siak. Sebagai Ketua Partai Golkar, Syamsuar dipastikan akan mendukung Jokowi-Ma'ruf.

B. Kepulauan Riau

Pilgub Kepulauan Riau dilaksanakan pada 9 Desember 2015 dan dimenangkan oleh pasangan Muhammad Sani-Nurdin Basirun yang diusung oleh Partai Demokrat, Nasdem, PPP, PKB, dan Gerindra. Namun baru beberapa waktu menjabat gubernur, Muhammad Sani meninggal dunia usai menghadiri rapat di Jakarta.

Wakil Gubernur Nurdin Basirun kemudian naik menjadi gubernur dan wakil gubernur yang kemudian dipilih oleh DPRD Kepulauan Riau adalah Isdianto, yang merupakan adik kandung Muhammad Sani.

Nurdin Basirun merupakan ketua DPW Partai Nasdem Kepulauan Riau. Dipastikan Nurdin Basirun akan bekerja memenangkan Jokowi-Ma'ruf Amin di Kepulauan Riau.

C. Bengkulu

Pilgub Bengkulu dilaksanakan pada 9 Desember 2015 dan dimenangkan oleh pasangan Ridwan Mukti-Rohidin Mersyah. Pasangan ini diusung oleh PAN, Gerindra, Hanura, PKB, PKPI, Nasdem, Golkar, dan PPP.

Pada 20 Juni 2017, Ridwan Mukti dan istrinya ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat terjaring operasi tangkap tangan (OTT) dengan barang bukti sejumlah uang dalam mata uang rupiah di sebuah kardus. Seusai penetapan sebagai tersangka, Ridwan Mukti mengundurkan diri sebagai Gubernur Bengkulu.

Rohidin Mersyah kemudian naik menjadi Gubernur Bengkulu sampai 2021. Rohidin Mersyah merupakan Ketua DPD Golkar Bengkulu dan kemungkinan akan mendukung Jokowi-Ma'ruf dalam Pilpres 2019 mendatang.

D. Lampung

Pilgub Lampung pada 27 Juni 2018 dimenangkan oleh pasangan Arinal Djunaidi-Chusnunia Chalim. Pasangan ini tinggal menunggu jadwal pelantikan dari Kemendagri.

Pasangan Arinal Djunaidi-Chusnunia Chalim diusung oleh Partai Golkar, PKB, dan PAN. Arinal Djunaidi merupakan Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Lampung dan Chusnunia Chalim merupakan mantan Bupati Lampung Timur dan pengurus pusat PKB.

Keduanya dipastikan akan mendukung Jokowi-Ma'ruf memenangkan Pilpres 2019 di Lampung.

E. Gorontalo

Gorontalo saat ini dipimpin oleh pasangan Rusli Habibie-Idris Rahim sebagai gubernur dan wakil gubernur hasil Pilgub 15 Februari 2017. Keduanya saat itu diusung oleh Partai Golkar dan Demokrat.

Rusli Habibie merupakan Ketua DPD Golkar Provinsi Gorontalo. Dengan posisinya sebagai Ketua Golkar, dipastikan Rusli Habibie akan bekerja untuk pemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin.

F. Maluku

Provinsi Maluku melaksanakan Pilgub pada 27 Juni 2018 lalu. Hasilnya, pasangan Murad Ismail-Barnabas Orno keluar sebagai pemenang. Pasangan ini tinggal menunggu pelantikan yang akan dilakukan di Istana Negara oleh Presiden Joko Widodo.

Pasangan ini diusung oleh koalisi PDIP, Gerindra, Nasdem, PKB, Hanura, PKPI, PAN, dan PPP. Gubernur terpilih Murad Ismail disebut akan menjadi Ketua Tim Kampanye Jokowi-Ma'ruf Amin untuk Provinsi Maluku.

Dengan demikian, gubernur terpilih ini dipastikan berjuang memenangkan Jokowi-Ma'ruf di Maluku.

G. Papua Barat

Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat saat ini dijabat Dominggus Mandacan dan Mohamad Lakotani. Keduanya menjabat setelah memenangkan Pilgub Papua Barat pada 15 Februari 2017.

Pasangan ini diusung oleh PDIP, Nasdem, PAN, dan PKPI. Gubernur Dominggus Mandacan sendiri merupakan Ketua DPW Partai Nasdem Papua Barat.

Posisinya sebagai Ketua Partai Nasdem di daerah ini otomatis akan berjuang memenangkan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin di Papua Barat.

Let's block ads! (Why?)

via Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2x5ZXtV
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.liputan6.com%2Frss&max=3, then Send me an email


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT

No comments:

Post a Comment