Pages

Saturday, September 8, 2018

Mendikbud: Indonesia Lewati Target Jumlah Buta Aksara

Liputan6.com, Medan - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, Indonesia telah melewati target jumlah buta aksara yang ditetapkan UNESCO, yaitu minimun 5 persen. Sekarang hanya tinggal 2,02 persen yang buta aksara. Jumlah ini berada di daerah-daerah yang sulit dijangkau.

"Karena, itu penanganannya harus lebih spesifik," kata Muhadjir di acara puncak Hari Aksara Internasional Tingkat Nasional di Alun-alun Deli Serdang, Lubuk Pakam, Sumatera Utara, Sabtu, 8 Agustus 2018.

Mendikbud berharap, seluruh provinsi di Indonesia melakukan upaya pemberantasan buta aksara. Selain itu, diharapkan juga tidak ada lagi terjadi buta aksara kembali karena kemampuannya tidak digunakan.

"Yang kita tekankan adalah bagaimana agar kemelekan aksara ini dapat diterapkan untuk hidup sehari hari," ucap Mendikbud.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengungkapkan, akan berupaya mengurangi jumlah buta aksara di wilayahnya. Dalam satu tahun, jumlah buta aksara yang saat ini mencapai 134.000 orang, ditargetkan berkurang hingga 50 persen.

Diakui Edy, Kabupaten Nias adalah daerah yang paling banyak buta aksara di Sumatera Utara. Mengurangi buta aksara harus menjadi tekad bersama demi mencerdaskan kehidupan bangsa. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Mendikbud Muhadjir Effendy, berencana akan menerapkan muatan kurikulum di sekolah yang dapat menguatkan karakter anak dalam bertoleransi, jujur serta demokrasi, guna mencegah paham radikal dan intoleran.

Let's block ads! (Why?)

via Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2MYNkut
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.liputan6.com%2Frss&max=3, then Send me an email


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT

No comments:

Post a Comment