Pages

Tuesday, September 11, 2018

5 Fakta Unik Penglipuran, Desa Terbersih Dunia yang Ada di Bali

Liputan6.com, Jakarta - Berlokasi di kawasan Bangli, tepatnya di Jalan Rambutan, Desa Penglipuran kini tak pernah sepi dari pengunjung, terlebih saat liburan sekolah tiba.

Desa yang didapuk menjadi salah satu dari tiga desa terbersih di dunia ini telah menjadi destinasi wisata hits di Bali. Bukan hanya suasana damai dan sejuk, di desa ini pengunjung bisa menemukan beragam fakta unik.

Berikut beberapa fakta unik Desa Penglipuran yang berhasil dihimpun tim Liputan6.com, Senin (10/9/2018).

Hutan Bambu Pelindung Desa

Perlu diketahui, sebagian besar atau sekitar 40 persen atau 45 hektar dari 112 hektare luas wilayah Desa Penglipuran adalah hutan bambu. Hutan bambu dibiarkan tumbuh mengelilingi desa dan menjadi kawasan resapan.

Tak hanya itu, hutan bambu yang dibiarkan tumbuh ini juga menjadi manifestasi bahwa masyarakat adat Penglipuran terus menjaga keseimbangan antara manusia dengan alam.

I Wayan Supat, Ketua Adat Desa Penglipuran saat ditemui Liputan6.com mengatakan, di Desa Penglipuran atau umumnya di Bali tidak akan terjadi apa yang kini sedang terjadi antara Bogor dan Jakarta. Semua saling melindungi satu sama lain.

"Itulah pinternya tetua adat kita. Kami di sini konsisten seperti itu, 2001 kami bahkan pernah bertengkar dengan pemerintah gara-gara hutan bambu kami ingin dibeli untuk pusdiklat," ungkap Wayan Supat.

Let's block ads! (Why?)

via Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2NzPyzX
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.liputan6.com%2Frss&max=3, then Send me an email


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT

No comments:

Post a Comment