Pages

Monday, September 10, 2018

Seorang Mahasiswa Indonesia di Busan dapat Kejutan dari Jokowi

Liputan6.com, Jakarta - Dalam kunjungannya ke Korea Selatan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberi kejutan kepada seorang mahasiswa Universitas Kyungsun, Busan, asal Indonesia bernama Daya.

Jokowi yang berada di Seoul menjawab langsung permohonan akte kelahiran untuk putra Daya yang berada di Busan melalui panggilan video jarak jauh.

"Ini tadi sudah dicek oleh Dirjen Dukcapil dan langsung saya setujui untuk diberikan akte kelahiran ya. Mau?" tanya Jokowi yang langsung diiyakan Daya, seperti yang tercantum dalam keterangan tertulisnya, Senin (10/9/2018).

Jokowi lalu menekan tombol persetujuan pemberian akte kelahiran di layar sentuh dan beberapa detik kemudian Daya menerima akte kelahiran versi elektronik beserta "QR code" melalui email.

Selanjutnya Daya memindai "QR code" menggunakan aplikasi pemindai, sedetik kemudian akte kelahiran putranya atas nama Airlangga Saka Bratajaya muncul pada layar monitor. Akte tersebut dapat dicetak kapan saja.

"Ada pak! (Nama) anak saya Pak, ada di sana Pak!," seru Daya yang mengundang gelak tawa disertai bertepuk tangan para tamu undangan dan Jokowi.

Daya mengucapkan terima kasih kepada Jokowi, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Duta Besar RI untuk Korea Selatan Umar Hadi, serta pihak Kementerian Luar Negeri dam Kementerian Dalam Negeri karena telah membuat sistem yang baik.

Ia juga merasa bersyukur karena menurutnya layanan pembuatan akte kelahiran online tersebut membantunya dan warga negara Indonesia (WNI) lain yang tinggal jauh dari KBRI. Daya berharap aplikasi dan layanan seperti itu juga bisa dinikmati oleh WNI di negara-negara lain selain Korea Selatan.

"Busan ke Seoul kan perjalanan jauh, dengan adanya sistem sekarang saya cukup melakukan semuanya dari rumah, hanya modal internet dan handphone Pak, sudah bisa selesai semua dalam waktu yang cepat," kata Daya.

"Ya ini untuk pelayanan dan perlindungan WNI kita yang ada di negara-negara di seluruh dunia dan Daya yang pertama mendapatkan akte kelahiran," timpal Jokowi.

Namun, tak cuma Daya, hari itu ada WNI lain yang juga mengajukan permohonan akte kelahiran untuk anak mereka. Bedanya dua WNI tersebut, Subhan dan Mayang, datang langsung ke KBRI Seoul.

Let's block ads! (Why?)

via Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2CGvqbq
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.liputan6.com%2Frss&max=3, then Send me an email


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT

No comments:

Post a Comment